Ketua CRS Ajak Umat Lakukan Jihad Doa dan Harta

  • Bagikan
Ketua Yayasan Nurrahman saat santuni anak yatim.

PAMEKASAN- Ketua Yayasan Cahaya Rahmana Semesta (CRS), Nurrahman mengajak ummat Islam, khususnya di Madura untuk melakukan jihad membantu muslim palestina. Menurutnya jihad yang bisa dilakukan dengan doa dan harta.

“Dalam konteks ummat yang hidup jauh dari medan jihad, sumbangan doa dan harta adalah jihad paling relevan,” tegas pria yang juga alumni Ponpes Darul Ulum Banyuanyar, Palengaan, Pamekasan ini.

Menurutnya konsep jihad dalam kitab suci Al-quran ada dua, yakni jihad dengan nafs dan maal. Nafs diartikan diri atau jiwa, sementara maal adalah harta.

Hal ini bisa dilihat, diantaranya dalam Surat At-Taubah ayat 41. ” Berangkatlah kamu baik dengan rasa ringan maupun rasa berat, dan berjihadlah dengan harta dan jiwa mu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagi mu jika kamu mengetahui”.

BACA JUGA :  Berbagi Berkah, HMI UIM Pamekasan Bagikan Ratusan Takjil

Hemat dia yang dimaksud nafs, tidak hanya berupa badan atau fisik yang tampak , namun juga semua potensi diri seperti hati/pikiran yang terkristalisasi menjadi doa. Doa dimaksud adalah permohonan penuh harap agar Allah menyelamatkan serta memenangkan kaum muslimin palestina menghadapi musuh, Yahudi Israil.

Berkaitan dengan doa, dijelaskan Nabi Muhammad dalam salah satu hadisnya. “Doa adalah senjata kaum mukmin dan tiang agama serta cahaya langit dan bumi”.

BACA JUGA :  Basri: Rekrutmen Honorer Pemkab Pamekasan Tahun 2020 Melanggar Aturan

Tentu doa yang begitu agung itu akan lebih baik jika dilakukan terus menerus apalagi secara berjamaah seperti istighasah bersama.

Lebih jauh dia menjelaskan alasan kenapa harus mendoakan umat islam yang lain. Menurut dia konsep persaudaraan dalam islam sangatlah indah dan mulia.

Misalnya ajaran bahwa umat islam itu bersaudara. Umat Islam laksana satu tubuh, jika salah satu anggota tubuh sakit, maka yang lain ikut merasakan. Umat islam bagai satu bangunan, bagian satu dengan lainnya saling menguatkan.

Yang paling luar biasa nabi mengajarkan bahwa tidak sempurna iman seseorang hingga mencintai saudara muslim lainnya seperti mencintai dirinya sendiri.

BACA JUGA :  Surat Edaran Tahlil Bersama, Bupati dan Sekdakab Pamekasan Buat Surat Edaran Sendiri-Sendiri

Hubungan persaudaraan sesama umat islam ini akan kekal di dunia hingga akhirat. Sementara ikatan persaudaraan lainnya seperti persaudaraan bangsa, negara bahkan biologis semua terputus di dunia.

“Untuk jihad harta sudah bisa dilakukan dengan mudah, memanfaatkan lembaga penyalur bantuan kredible. Sekarang sudah banyak lembaga yang koncern,” tegasnya.

” Ingat ! Nabi menyampaikan bahwa orang yang menyumbangkan harta untuk jihad di jalan Allah ditetapkan pahala hinggal 700 kali,” Papar dia.

“Sungguh ini suatu investasi atau keuntungan besar yang tidak akan diperoleh di strata bisnis apapun di dunia ini,” gugah alumni fakultas hukum Unijoyo Bangkalan ini.

  • Bagikan