Vaksin Tahap Ketiga di Sumenep, Dinkes Sumenep Minta Masyarakat Menyiapkan Diri

  • Bagikan

SUMENEP, MaduraPost – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, maksimalkan proses vaksinasi Covid-19 tahap satu dan dua kepada tenaga kesehatan dan pelayan publik.

Saat ini, vaksin Sinovac tahap kedua telah berjalan di Sumenep. Diperkirakan prosesnya akan selesai pada akhir Maret mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Agus Mulyono, meminta masyarakat menyiapkan diri untuk menerima vaksin tersebut. Diketahui, vaksinasi Covid-19 tahap ketiga nanti akan disalurkan pada masyarakat luas.

BACA JUGA :  Banjir di Kabupaten Pamekasan Belum Surut, Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam Dihujat

“Sama seperti tahap satu dan dua, untuk vaksinasi tahap ketiga mari kita menyiapkan diri untuk mendaftarkan secara online, dari surat yang kita kirim ke pusat,” kata Agus, saat dikonfirmasi media ini di kantornya, Jumat (26/3).

Agus Menjelaskan, nantinya ada tim koordinator dari masing-masing ditingkat kelompok Desa. Sehingga, pada saat nanti pendaftaran sasaran telah rampung, tinggal menunggu pelaksanaan vaksinasi.

“Pendaftaran sasaran ini sangat dibutuhkan dalam rangka menghitung kebutuhan vaksin. Semakin cepat kita melakukan pendaftaran online ke Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Jakarta, maka kita juga akan cepat mendapatkan kepastian vaksin yang akan diterima,” terang Agus.

BACA JUGA :  Klaster Baru Corona di Sumenep, 13 Orang Dirawat di RSUDMA

Dari proses pendataan vaksinasi itu, kata Agus, akan berimplikasi kepada pelayanan yang nantinya diberikan Pemkab Sumenep untuk masyarakat umum.

“Sistemnya saya rasa yang sekarang sudah enak. Jadi ada kelompok, misal contohnya ASN, jadi yang mendaftarkan langsung OPD-nya. Nah, kalau masyarakat ya langsung Desanya, melalui KTP,” ulasnya.

BACA JUGA :  Tekan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumenep, Tim Tagana Bagi Ribuan Masker

Sementara itu, terkait isu yang masih merambah di kalangan masyarakat luas tentang efek samping vaksin Sinovac, Agus mengimbau agar masyarakat tidak gampang mempercayai berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Jangan khawatir untuk berita hoax tentang vaksin, pasti tertepis dengan sendirinya. Vaksin Sinovac ini aman dan halal, serta manfaatnya sudah dirasakan. Kami Dinkes Sumenep akan memberikan pelayanan yang maksimal,” tukasnya.

  • Bagikan